Kelurahan Tambun Nabolon Juara Umum MTQ Kecamatan Siantar Martoba, Disusul Sumber Jaya dan Naga Pitu

203

Pematangsiantar (Sumut) – Kelurahan Tambun Nabolon meraih Juara Umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tahun 2021 Tingkat Kecamatan Siantar Martoba. Disusul Kelurahan Sumber Jaya sebagai Juara Umum II, dan Kelurahan Naga Pitu sebagai Juara Umum III.

Pemenang diumumkan saat penutupan MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Martoba di halaman Pendidikan Bumi Alquran, Jalan Sumber Jaya II Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Siantar Martoba, Minggu (7/3/2021) sekitar pukul 16.30 WIB. MTQ ditutup Walikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM, yang ditandai penyerahan trofi dan uang pembinaan serta trofi bergilir kepada pemenang.

Walikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM dalam sambutannya berharap pelaksanaan MTQ tidak hanya kegiatan rutinitas melaksanakan sayembara dan kompetisi. Namun harus mampu merefleksi, berzikir, dan bertafakur untuk membangun akhlak dan peradaban umat manusia di muka bumi ini.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat semakin menumbuhkan kecintaan kita kepada Alquran, dengan senantiasa membaca dan mempelajari isi kandungan Alquran. Yang paling penting dapat menjadikannya sebagai pedoman hidup agar selamat dunia dan akhirat,” ujarnya.

Hefriansyah menambahkan, dirinya mendoakan agar para Qori-Qoriah bisa menjadi orang-orang yang tidak hanya cerdas dan pintar secara ilmu ilmiah, tetapi menjadi generasi muda Islam yang religius, yang bisa memimpin Kota Pematangsiantar ke depan. Sehingga Kota Pematangsiantar tidak hanya Mantap, Maju, dan Jaya, tapi menjadi kota yang Baldatun Thoyibatun Warabbun Ghofur, yakni kota yang dapat ampunan dari Allah, dan kota yang baik.

Dalam kesempatan itu, Hefriansyah mengucapkan selamat kepada Qori dan Qoriah yang telah berhasil meraih juara. Namun jangan terus sombong.

“Kepada Qori dan Qoriah yang belum mendapatkan juara, jangan berkecil hati. Jadikanlah kegagalan ini sebagai motivasi untuk meraih prestasi di masa akan datang. Teruslah berlatih, asah terus kemampuan untuk tahun-tahun yang akan datang,” katanya.

Masih kata Hefriansyah, setelah pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan, tak lama lagi akan dilaksanakan MTQ Tingkat Kota Pematangsiantar.

“Insyaallah tahun 2022 kita akan menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Untuk itu, mohon dukungan kita semua dan berikan dukungan kepada putra/putri kita untuk bisa menjadi juara umum di rumah kita sendiri nantinya,” sebut Hefriansyah.

Sementara itu, Camat Siantar Martoba Prasizu Minly Harahap SSTP usai acara mengungkapkan, selanjutnya para Qori dan Qoriah yang meraih prestasi akan mengikuti MTQ Tingkat Kota Pematangsiantar.

“Kita bersyukur dengan selesainya MTQ kecamatan ini. Kepada yang juara akan menjadi utusan Kecamatan Siantar Martoba,” ujarnya.

Di akhir acara, Hefriansyah bersama Prasizu Minly Harahap dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Siantar Martoba, para lurah, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siantar Martoba HM Zuhry Pulungan, Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Martoba Henny Prasizu Minly, Sekretaris Camat (Sekcam) Siantar Martoba, Dewan Juri, tokoh agama, dan tokoh masyarakat menyerahkan hadiah kepada Qori dan Qoriah yang telah berhasil meraih prestasi di ajang MTQ ke-53 Tingkat Kecamatan Siantar Martoba tahun 2021. Selanjutnya menyerahkan trofi bergilir kepada Lurah Tambun Nabolon yang meraih Juara Umum. (*)

Facebook Comments