TMMD ke-112 Ajak Bela Negara Kepada Masyarakat

42
Foto : TMMD 12 Giat Bela Negara

HOT-NEWS.ID || Manggar (Beltim)TMMD ke-112 Ajak Bela Negara Kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilakukan penyuluhan Kepada masyarakat di kantor Desa Kelubi, Kec. Manggar Kab. Belitung Timur, Jum’at 17/09/2021.

Dalam penyuluhan Bela Negara ini dihadiri Pasiter Kodim 0414/Belitung para Babinsa Kades kelubi bapak Zamroni, Ketua BPD bapak Alvin Cahyadi Serta peserta para pemuda masyarakat Desa Kelubi. 

Adapun pemateri Bela Negara disampaikan oleh Danramil 414-02/Manggar Mayor Inf Djoko Lelono dengan memberikan penyuluhan secara metode ceramah.  

 

Foto : TMMD 12 di giat Belajar Negara

Selanjutnya pemberian materi Bela Negara yang dilaksanakan ini dalam rangka kegiatan TMMD ke-112 yaitu sasaran non fisik, sebagaimana masyarakat terutama para pemuda diberikan pengetahuan tentang pentingnya Bela Negara, yang selama ini pemahaman Bela Negara sangat rendah.

Adapun materi Bela Negara yang disampaikan adalah dengan Judul ” Sikap Perilaku Pemuda dalam Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air Terhadap Bangsa dan Negara”.

Masyarakat diberikan pengetahuan tentang berdirinya bangsa Indonesia dengan menceritakan latar belakang sejarah Negara Republik Indonesia dari jaman kerajaan sampai dengan kemerdekaan Republik Indonesia .

Foto : TMMD 12 Giat Bela Negara

Pada kesempatan ini juga Danramil menjelaskan tentang Pengertian, Cinta Tanah Air bagaimana peran pemuda dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), peran pemuda dalam membela negara dengan melaksanakan Pembangunan di segala bidang , generasi muda sebagai penerus bangsa harus aktif dan memiliki Inovasi dalam memajukan pembangunan di daerah .

Dengan semangat kebangsaan pemuda membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan dan menjadi pelopor pembangunan di Desa .

Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, kesempatan ini juga mengajak kepada generasi muda harus cinta tanah air agar ditanamkan dalam sanubari yang dalam untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Generasi muda jangan mudah terhasut dan termakan dengan ajakan, bujukan, rayuan terhadap perkembangan yang negatif ini semua dapat terhindari bila generasi muda mempunyai komitmen menegakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari .

Pemuda di tuntut untuk memainkan perannya dalam mengisi kemerdekaan, baik itu sebagai agen perubahan, kontrol sosial maupun moral dalam hal pembangunan nasional, selain itu, pemuda juga diharapkan dapat bertanggung jawab untuk tetap bisa menjaga pancasila, keutuhan NKRI, dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.(RH.Penrem)

Facebook Comments